Simak 3 Karakteristik Kopi yang Menentukan Ku

NEWS by admin on 26 January 2018

3 karakteristik Kopi 

Minum kopi bagi orang indonesia adalah rutinitas yang umum mereka lakukan. Aktivitas tersebut dapat kita saksikan di setiap saat dan di mana pun. Kopi yang mereka minum pun beragam dari kopi instan sampai dengan kopi asli Indonesia. keberagaman itu juga bukan hanya soal kemasan ataupun jenis kopinya saja, melainkan karakteristik kopi pun berbeda-beda dan menentukan kualitas kopi itu sendiri. Contoh Secangkir kopi Malabar yang kita minum sudah pasti memiliki karakteristik yang berbeda dengan kopi Flores Bajawa. Karakteristik kopi Indonesia ditentukan oleh 3 hal yakni tingkat keasaman, aroma dan body. 

Tingkat Keasaman Kopi

salah satu cara untuk mengetahui karakteristik dan kualitas kopi tersebut adalah dari tingkat keasaman kopi.  Keasaman kopi dapat diartikan sebagai suatu karaketer kopi yang berkaitan dengan kecerahan kopi dan memberikan sensari rasa yang kuat di bagian tepi lidah. Karena itu, biji kopi yang baik memiiki karakter keasaman kopi dengan tingkatan yang rendah. Karena keasaman yang terlalu tinnggi akan menyebabkan kopi yang dihasilkan terlalu asam sehingga tidak lagi terasa nikmat. Sebenarnya, apa sih yang menentukan tingkat keasaman kopi?

Tingkat keasaman kopi ditentukan oleh beberapa hal diantaranya kondisi geografis tanaman kopi tersebut tumbuh dan proses pengolahan kopinya.  Contoh, Kopi yang tumbuh di dataran tinggi akan memliki tingkat keasaman tingga dan kopi yang diolah secara basah memiliki tingkat keasaman lebih tinggi dibandingkan kopi yang diolah secara kering. Tingkat keasaman kopi juga dipengaruhi oleh suhu , jenis dan metode saat proses pemanggangan.

Aroma Kopi

Jika anda menyadari bahwa kopi memiliki memiliki aroma yang berbeda-beda. Karakteristik aroma kopi menjadi penting karena setiap jenis kopi memiliki atribut yang dapat menstimulasi indera penciuman. Aroma kopi yang di terima oleh indera kita terjadi melalui 2 cara yaitu langsung di hirup aromanya melalui hidung dan secara retornasa. Retronasal ini adalah ketika kopi berada di mulut atau telah di telan dan senyawa volatil yant terdapat dalam kandungan kopi menguap ke atas memasuki saluran nasal.

Body Kopi

Selanjutnya, anda dapat menentukan karakter suatu kopi dengan menilai bagaimana body kopi tersebut. Body merupakan rasa yang kuat yang tertinggal yang anda rasakan pada saat kopi berada di lidah dan menggosokkannya dengan langit-langit mulut. Penilaian body dimulai dari yang ringan hingga berat dan hal ini dipengaruhi oleh bagaiaman proses pemanggangan kopi. Kopi yang dipanggang medium dan pekat akan memiliki body yang berat dibanding kopi yang dipanggang ringan

 

 

See you ,

Coffee Toffee Indonesia 




Coffee Shop Kian Bertumbuh, Coffee Toffee ada

Oleh admin pada 18 February 2018


Yuk Minum Kopi Gratis Setiap Tanggal 11

Oleh admin pada 11 February 2018


Coffee Toffee Luncurkan Menu Valentine Brow

Oleh admin pada 04 February 2018


Simak 3 Karakteristik Kopi yang Menentukan Ku

Oleh admin pada 26 January 2018


Ayo ramaikan Grand Opening Coffee Toffee Many

Oleh admin pada 18 January 2018