Lelang kopi charity

NEWS by admin on 29 September 2016

Coffee Toffee bersama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor mengadakan Bogor Coffee Festival, sebuah event yang memamerkan sejumlah kopi-kopi pilihan hasil panen dari para petani kopi di Kabupaten Bogor. Acara yang dilaksanakan pada 6-7 Agustus 2016 ini bermaksud untuk memperkenalkan kopi-kopi hasil produksi petani Kabupaten Bogor, baik dari segi jenisnya, asal daerahnya, maupun kualitas dan score kopinya itu sendiri.

Melalui event tersebut, kami menyediakan wadah bagi para petani untuk menjual serta melelang kopi andalannya. Biji-biji kopi yang telah diseleksi secara ketat tersebut tidak datang begitu saja, kami berkolaborasi dengan Distanhut Kabupaten Bogor semenjak Januari 2016 untuk melakukan penyuluhan kepada para petani kopi. Pasalnya, biji-biji kopi yang dipanen belum mampu memenuhi kualitas standar pasar kopi yang ada saat ini, sehingga dengan dilakukannya penyuluhan tersebut kami mengharapkan peningkatan kualitas biji kopi yang signifikan untuk dapat diterima oleh masyarakat sebagai daerah penghasil kopi yang patut diperhitungkan. Kabupaten Bogor memiliki lahan kopi yang terbilang cukup luas, sekitar 3000 hektar merupakan lahan tani yang digunakan untuk kopi saja, yang diantaranya sekitar 2800 hektar digunakan untuk kopi jenis Robusta, dan sisanya merupakan kopi jenis Arabika.

Bogor Coffee Festival merupakan titik puncak dari semua kerja keras, dedikasi, serta totalitas yang dicurahkan oleh setiap elemen yang berpartisipasi didalamnya, terutama bagi para petani kopi yang menunggu untuk melelang kopi terbaiknya di event tersebut. Lelang Kopi Charity yang diadakan pada tanggal 6-7 Agustus tersebut memanen begitu banyak euphoria bagi para petani dan bidder penggila kopi. Bagaimana tidak, Budi Gunawan, seorang petani kopi dari kecamatan Sukamakmur mendapati kopi arabikanya terjual di Lelang Kopi Charity dengan harga Rp 2 juta/kg. Hal ini tentu saja mengalahkan rekor nasional (bahkan mungkin dunia) dengan harga kopi termahal per kilogramnya, dengan skor 80,3 kopi yang berharga Rp 2 juta/kg tersebut tentu bukanlah kopi sembarangan. Apabila dilakukan proses manual dengan menggunakan teknik hidroteknologi, skor tersebut dapat tembus hingga angka 85,5, yang tentu saja merupakan sebuah potensi yang luar biasa untuk menaikkan harga jualnya yang sudah fantastis itu.

Kedepannya, kami berharap bahwa baik masyarakat maupun para petani akan lebih antusias lagi dalam keikutsertaannya membangun serta membudidayakan kopi-kopi di Bogor setelah melihat potensi kopi yang luar biasa dan rekor kopi termahal terjadi di Lelang Kopi Charity ini. Hal ini juga sejalan dengan filosofi kami "Yes I Drink Indonesian Coffee", dengan harapan kelak kopi-kopi hasil produksi tanah Indonesia dapat terus berjaya di kancah nasional dan internasional.




#CTaCT campaign dimulai SEKARANG!

Oleh admin pada 03 March 2017


Bajawa & Malabar Kini Hadir di Coffee Toffee

Oleh admin pada 02 February 2017


Silver Barista Audition 2016

Oleh admin pada 08 December 2016


Presiden RI Jokowi Banggakan Coffee Toffee

Oleh admin pada 06 December 2016


A Proud Official Coffee Partner of Jubir

Oleh admin pada 06 December 2016