Kurang Sah Mengenal Kopi Tanpa Jadi Barista

NEWS by admin on 23 February 2019

Perjalanannya berawal dari rasa ketertarikannya dengan kopi. Beni yakin bahwa dengan menjadi barista, dia akan bisa lebih dekat dan lebih mengenal kopi dengan baik. Seperti apa kisahnya?

 

Apa yang membuat anda memutuskan jadi barista?

Awalnya, saya tertarik sama kopi. Tapi kok saya ngerasa kalau cuma tanya-tanya aja ke orang, rasanya kurang afdol ya. Makanya saya terjun langsung ke dunia barista. Waktu itu, tempat yang menurut saya punya ilmu dunia kopi yang sangat baik, adalah Coffee Toffee.  Langsung aja saya daftar, sekitar tahun 2015-an.

 

Pengalaman apa sih yang paling berkesan selama jadi barista?

Pengalaman pertama selalu berkesan. Iya, pertama kali belajar jadi barista. Ibaratnya, kalau ingin tahu kan, kita harus kenal dulu. Jadi waktu itu saya penasaran sama yang namanya karakter kopi. Saking pengennya saya belajar dan tahu lebih dalam tentang karakter kopi, saya minum kopi jenis espresso terus menerus. Efeknya, saya sampai muntah-muntah waktu itu. Memang ya, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Saya sendiri nggak tahu kalau efeknya bisa sampai seperti itu. Tapi saya terlalu antusias buat belajar.

 

Bagaimana kesan anda saat ikut Audisi Silver Barista?

Saya ikut audisi tahun 2016. Namanya audisi ya, pasti semua orang merasakan yang namanya nervous. Jujur, saya juga nggak bisa mengalahkan rasa nervous. Tapi rasa nervous ini lama-lama hilang ketika saya udah paham dengan apa yang dikompetisikan.

Kalau audisi kan kita harus membuat minuman dengan dasar kopi. Setelah udah belajar hampir setahun, menurut saya, saya udah punya cukup bekal buat ikut kompetisinya. Ini yang bikin rasa nervous saya berkurang.

 

Seberapa penting Audisi Silver Barista untuk anda?

Menurut saya, audisi ini penting. Tujuan ikut audisi ini buat tolok ukur kemampuan diri kita sendiri. Seberapa jauh sih skill kita. Seberapa paham sih kita dengan dunia kopi. Dengan ikut audisi, saya ingin tahu sejauh mana skill saya di dunia kopi.

 

Apa yang membuat anda termotivasi hingga saat ini?

Karena sudah niatan saya dari awal ingin mengenal jenis-jenis kopi. Secara nggak langsung ya, ketika saya masuk ke dunia kopi, saya baru sadar kalau ternyata kopi itu luas. Ilmu-ilmu tentang kopi itu luas. Ini yang bikin saya semangat buat terus belajar.  

 

Ada pesan khusus nggak buat teman-teman yang ingin jadi barista juga?

Ada 2 hal penting.

Pertama, totalitas. Kalau belajar, jangan setengah-setengah.  Kalau belajar tentang kopi, harus total. Minumlah kopi, biar benar-benar memahami karakteristik kopinya. Kedua, nggak ada paksaan ketika melakukannya. Kalau sudah bisa memahami dengan baik, pasti kita bisa dapat kepuasan tersendiri, sama seperti yang saya rasakan ketika jadi barista.




Perpaduan Nikmat dalam Hazelnut Crave

Oleh admin pada 24 August 2019


Manjakan Diri dengan Kenikmatan Aglio Olio Con Tomo

Oleh admin pada 18 August 2019


Coffee Toffee Mendapatkan Penghargaan Padat Karya Award 2019

Oleh admin pada 10 August 2019


Usir Haus dengan Segarnya Fruit Punch

Oleh admin pada 03 August 2019


Segarnya Perpaduan Kopi dan Almond

Oleh admin pada 27 July 2019