Hasil Tidak Akan Menghianati Usaha

NEWS by admin on 02 February 2019

 

Bukan Bogie namanya, kalau menyerah di tengah jalan. Meskipun berbagai rintangan sempat menghalangi impiannya menjadi barista handal, kini dia berhasil menyabet gelar Silver Barista 2018

 

Bagaimana sih awal mula bisa terjun sebagai barista?

Dulu saya awalnya memang pernah kerja di coffee shop sih. Ya coffee shop kecil-kecilan gitu. Pertama belajar dari sana. Kemudian tahun 2013-2014 ada coffee shop yang sedang berkembang saat tahun. Ya itu Coffee Toffee. Awalnya sering nongkrong aja di cafe-cafe. Kemudian saya perhatikan barista-baristanya. Lama-lama saya jadi pengen nyoba juga jadi barista. Akhirnya saya gabung dengan Coffee Toffee.

 

Perjalanan menjadi barista seperti sekarang ini tentu tidak mudah. Pengalaman apa yang paling berkesan?

Pengalaman berkesan ada banyak sih. Kalau dari saya ya pas belajar tentang latte art itu. Awal bikin latte art selalu jelek. Tapi ya namanya belajar, ya. Trus paham tentang rasa espresso itu kayak gimana. Kopi jenis ini rasanya gimana, jenis lain rasanya gimana. Jadi saya bisa tahu bedanya.

Sampai suatu ketika saya coba ikut audisi silver barista. Saat itu saya gagal beberapa kali. Saya tetap saja coba terus. Saya belajar dari kesalahan saya. Akhirnya, saya bisa lolos audisi di tahun 2018 ini.

 

Apa sih yang membuat anda terus semangat mencoba tak kenal lelah?

Penasaran. Saya bingung, kenapa sih saya nggak bisa lulus. Saya sendiri bertanya-tanya, apakah karena skill saya kurang? Atau nilai saya yang kurang?

Makanya saya coba lagi, coba lagi, sampai berhasil.

 

Bagaimana kesan anda tentang audisi silver barista tersebut?

Takut gagal lagi seperti yang sebelum-sebelumnya. Disitu saya khawatir kalau hasilnya tidak akan sesempurna seperti yang saya pengen. Seperti ada trauma. Tapi saya maju saja. Ini kan proses belajar, jadi saya terus mencoba.

 

Seberapa pentingkah gelar silver barista untuk anda?

Bagi saya, penting. Ini adalah sebuah tantangan tersendiri buat saya. Sekaligus sebuah prestasi. Ini kan kompetisi dan ketika saya bisa lolos, ini jadi sebuah kebanggaan saya. Ibaratnya, seperti ikut lomba, dan kita menang. Ada rasa puas. Tapi ketika kita gagal, kita pasti berpikir “Kok bisa gagal sih?”

 

Pelajaran hidup apa yang anda dapat dari perjalanan menjadi barista ini?

Pantang menyerah. Perjalanan ini adalah sebuah proses. Nikmati aja, kalo gagal ya tinggal dicoba lagi. Jangan pernah takut buat mencoba.

Tapi, harus ingat. Kalau sudah berhasil kita tidak boleh sombong.




Santapan Nikmat dengan Menu Spaghetti Meatball

Oleh admin pada 23 October 2019


Lezatnya Fried Tofu Soy ala Coffee Toffee

Oleh admin pada 19 October 2019


Sepiring Snack untuk Teman Nongkrong Sore

Oleh admin pada 12 October 2019


Lumernya Bola-Bola Kenikmatan dalam Mozarella Cheese Ball

Oleh admin pada 28 September 2019


Kehangatan dalam Secangkir Hot Chocolate

Oleh admin pada 21 September 2019