Memikat dengan Latte Art

NEWS by admin on 17 November 2018

Ketertarikannya pada seni latte art membuat Risma, seorang barista di Coffee Toffee, berniat untuk terus mengasah kemampuannya. Meskipun susah, tapi dia menikmati proses belajarnya sebagai barista.

 Apa yang membuat anda tertarik untuk menjadi barista di Coffee Toffee?

Saya memang masih baru sih di dunia kopi. Saya baru gabung di Coffee Toffee ini sebenarnya baru 5 bulan. Buat saya, dunia kopi ini menarik. Di Indonesia saja ada banyak jenis kopi dan rasanya juga beda-beda.  Asyiknya, kita juga bisa belajar bikin latte art.

 

Pengalaman apa yang paling berkesan sejak anda mengawali karir sebagai barista?

Paling berkesan itu ketika menggambar kopi. Bikinnya susah-susah gampang. Harus mencocokkan foamnya, susunya, tingkat kepanasannya, banyak sekali. Kalau semisal foamnya terlalu encer, nggak bisa di buat latte. Kepanasan juga nggak bisa.

Tapi buat saya, seni latte art kopi ini menarik. Pengen rasanya bisa bikin latte art yang bagus. Saya terus berlatih biar suatu saat nanti bisa bikin yang bagus.

 

Selama jadi barista, apa anda pernah mendapat aneh dari pelanggan?

Ada sih. Kebanyakan yang seperti itu justru ketika dijelaskan kalau nanti rasanya bakal aneh, mereka tetap minta seperti request mereka. Seolah-olah mereka yang lebih tahu. Kalau sudah begitu, ya kita turuti saja, Namanya juga pelanggan kan. Kita tetap harus menomorsatukan pelanggan.

 

Apakah sempat terlintas keinginan untuk beralih profesi dari barista ini?

Kalau masih muda, nggak mungkin kita bakal stuck di zona ini terus. Saat ini saya hanya ingin mendalami kopi dulu. Entah nanti kalau sudah beberapa tahun dan ilmu kopi saya sudah berkembang. Buat saya, sayang sekali kalau kita sudah terjun ke dunia ini, kenapa nggak basah sekalian. Makanya saya ingin memperdalam knowledge kopi saya.

 

Pesan apa yang ingin anda sampaikan untuk teman-teman yang ingin menjadi barista?

Lewati hambatan yang ada. Karena kalau nggak gitu, kita nggak akan bisa maju. Kita juga harus bisa mengendalikan diri sendiri biar lebih sabar. Karena kan cuma kita yang bisa mengalahkan diri kita sendiri.

Motivasi buat belajar juga harus kuat. Karena dunia kopi ini luas, jangan pernah berhenti buat belajar dan berlatih.




Punch Me Strawberry , Penyelamat Kala Panas Menyengat

Oleh admin pada 08 December 2018


Lukisan Indah dalam Secangkir Cafe Latte

Oleh admin pada 01 December 2018


Guilty Pleasure dalam Segelas ‘Sins of Coffee’

Oleh admin pada 01 December 2018


Kopi dan Ice Cream, Padu Padan yang Mendobrak Tradisi Kopi

Oleh admin pada 24 November 2018


Memikat dengan Latte Art

Oleh admin pada 17 November 2018