Mengenal Dunia Kopi dengan Barista

NEWS by admin on 03 November 2018

 

Kecintaannya pada kopi membawa Boy, seorang barista di Coffee Toffee, untuk memperdalam ilmunya tentang dunia kopi. Baginya, dunia kopi memberinya beragam rasa, tidak sekedar manis dan pahit saja.

 

Bagaimana perjalanan anda sampai anda bisa berkarir menjadi barista di Coffee Toffee?

Saya masih baru gabung di Coffee Toffee. Sekitar tahun 2017 kemarin. Sebelumnya saya sudah coba di beberapa kafe lain. Tapi nggak terlalu mendalami kopi seperti disini. Makanya saya mencari tempat yang saya bisa belajar tentang dunia kopi, sekaligus bisa langsung berkomunikasi dengan customer. Di Coffee Toffee ini baru saya dapat semuanya itu. Yang bikin passion kopi saya semakin kuat, karena disini saya diajari tentang seluk beluk dunia kopi.

Dan semakin kesini, ternyata jadi barista asyik juga.

 

Apa yang membuat anda memutuskan berkarir menjadi barista seperti sekarang ini?

Awalnya memang saya sudah hobi sih. Sering nongkrong bareng teman-teman ngopi. Lalu ketika melihat pembuat kopi, saya merasa kok kayaknya asyik gitu.

Jujur, saya dulu kira barista cuma sekedar bikin kopi aja. Tapi setelah tahu ada latte artnya juga, saya semakin tertarik. Dan dari barista ini, saya tahu banyak jenis teknik pembuatan kopi dan rasa kopi yang bermacam-macam. Ini yang bikin saya semakin tertarik jadi barista. Akhirnya ketika ada kesempatan jadi barista di Coffee Toffee, saya coba saja.

 

Sampai saat ini masih ada yang menganggap barista sebelah mata. Bagaimana menurut anda tentang anggapan yang seperti ini?

Betul memang. Tapi kalau buat saya sih, nanti mereka juga bakal tahu sendiri gimana sih barista itu. Dari yang awalnya cuma bilang “ah, kerjaan apa sih, cuma bikin kopi”, tapi nanti kalau mereka sudah tahu bagaimana dunia barista itu. Apalagi dengan adanya banyak kejuaraan latte art, festival brewing, dari acara-acara ini nantinya banyak masyarakat bisa lihat kalau ternyata seorang barista itu nggak cuma sekedar bikin kopi aja. Jiwa mereka nanti akan terpanggil untuk coba kopi-kopi nusantara.

 

Anak muda sekarang ini mulai hobi datang ke kafe-kafe untuk ngopi bersama teman mereka. Sebagai seorang barista, bagaimana anda melihat fenomena ini?

Kalau menurut saya, kecintaan anak-anak muda pada kopi sekarang ini sudah mulai tumbuh,. Mereka sudah mengerti bagaimana rasa kopi. Yang awalnya cuma sekedar tahu rasa kopi yang manis dan pahit, kalau datang ke kafe-kafe seperti Coffee Toffee, mereka tahu kalau kopi ada rasa asemnya juga, ada aroma buahnya juga. Nah, rasa-rasa ini yang bikin mereka balik lagi untuk ngopi.

 

Anda sangat antusias sekali dengan dunia barista ini. Pesan apa yang ingin anda sampaikan untuk mereka yang ingin mengikuti jejak anda sebagai barista?

Untuk teman-teman yang pengen jadi barista, harus belajar terus. Ada banyak yang harus dipelajari. Hambatan memang ada, pasti. Tapi karena ada kemauan dan happy dengan pekerjaan barista ini, semua dikesampingkan aja lah ya. Anggap hambatan yang ada cuma sekedar angin lalu.

Spirit dan kemauan untuk belajar. Kuncinya disitu. Selebihnya, cintai apa yang sudah kamu kerjakan. Karena kalau sudah suka dengan pekerjaan kita, sesulit apapun kerjanya, pasti nggak terasa sulit lagi.




Punch Me Strawberry , Penyelamat Kala Panas Menyengat

Oleh admin pada 08 December 2018


Lukisan Indah dalam Secangkir Cafe Latte

Oleh admin pada 01 December 2018


Guilty Pleasure dalam Segelas ‘Sins of Coffee’

Oleh admin pada 01 December 2018


Kopi dan Ice Cream, Padu Padan yang Mendobrak Tradisi Kopi

Oleh admin pada 24 November 2018


Memikat dengan Latte Art

Oleh admin pada 17 November 2018