Keluarga Kedua dalam Kawan Seperjuangan Barista

NEWS by admin on 15 October 2018

Kehidupan barista di Coffee Toffee mempertemukan barista yang akrab disapa Sekar ini dengan sebuah keluarga baru.

 

Bagaimana anda akhirnya memutuskan untuk menjadi barista di Coffee Toffee?

Saya termasuk baru disini, sekitar tahun 2017. Waktu itu sebenarnya saya ikut tes kepolisian. Tapi sayang nggak lolos. Lalu kebetulan ada lowongan barista, saya coba daftar. Ini pengalaman baru buat saya. Jadi barista itu asyik sih. Buat saya, pekerjaan yang paling menyenangkan itu ketika kerjanya seru, santai, dan lingkungan kerjanya asyik Ini semua ada di barista.

 

Lingkungan kerja memang memberikan pengaruh signifikan pada kita.  Apa yang paling berkesan ketika menjadi barista di Coffee Toffee?

Momen sama teman-teman sih yang paling berkesan. Teman-teman disini seru-seru. Rasanya seperti dengan keluarga sendiri. Apalagi saya sudah dianggap seperti adik sendiri sama mereka, karena saya yang paling muda. Kalau sudah kerja gitu, sampai lupa waktu, nggak kerasa kalau ternyata sudah waktunya pulang.

 

Kesulitan seperti apa yang sering anda alami saat menjadi barista?

Kalau saya paling sulit menghafal resepnya dan bikin latte art. Saya belajar latte art paling lama. Sekarang sudah lumayan sih. Tapi kadang kalau bikin latte art, mood juga berpengaruh. Misalkan, kalau mood saya lagi bahagia, nanti hasil latte art nya bisa bagus. Kalau mood lagi nggak bagus, latte artnya nggak sebagus biasanya. Itu yang sulit.

Tapi saya pengen bisa gambar di kopi. Memang susah, tapi saya harus bisa. Makanya saya terus coba lagi, lagi, dan lagi.

 

Tidak mudah jadi barista, tapi ada yang memandang barista sebelah mata. Bagaimana tanggapan anda?

Berhubung saya tipe orang yang nggak terlalu ambil pusing, saya tidak terlalu peduli dengan komentar negatif sih. Sebenarnya mereka itu nggak tahu gimana serunya jadi barista. Mereka nggak tahu gimana sulitnya bikin kopi, nggak cuma sekedar menyeduh saja. Apalagi sulitnya bikin latte art. Jadi maklum saja kalau mereka berpikir seperti itu.

 

Anda punya pesan apa nih buat teman-teman yang pengen jadi barista seperti anda sekarang?

Intinya satu, mereka harus serius. Kalau niat mereka cuma sekedar buat main-main, lebih baik tidak usah. Jadi barista harus punya niat yang kuat. Kalau niat mereka buat mendalami kopi itu kuat, pasti bisa. Sulit, tapi asyik. Kalau  mau latihan pembuatan latte art, bisa lewat video-video di internet. Tapi saya sarankan, lebih baik langsung belajar ke senior. Sering perhatikan mereka saat bikin latte art. Jadi kita bisa lihat secara langsung prakteknya.




Punch Me Strawberry , Penyelamat Kala Panas Menyengat

Oleh admin pada 08 December 2018


Lukisan Indah dalam Secangkir Cafe Latte

Oleh admin pada 01 December 2018


Guilty Pleasure dalam Segelas ‘Sins of Coffee’

Oleh admin pada 01 December 2018


Kopi dan Ice Cream, Padu Padan yang Mendobrak Tradisi Kopi

Oleh admin pada 24 November 2018


Memikat dengan Latte Art

Oleh admin pada 17 November 2018