Kegigihan yang Berbuah Manis

NEWS by admin on 15 October 2018

Perjalanan Zaki meniti karir sebagai barista diisi dengan belajar, belajar, dan belajar. Kegigihannya inilah yang membawanya bisa menjadi seperti sekarang ini.

 

Sebenarnya, apa yang membuat anda akhirnya memutuskan untuk menjadi barista?

Jadi ceritanya, dulu diajak teman saya. Sebelumnya saya sendiri juga nggak tahu apa itu barista. Tapi saya mau coba dulu. Waktu itu tahun 2013, saya baru gabung di Coffee Toffee. Tapi semakin kesini, kok saya jadi semakin suka. Dari barista ini juga saya jadi tahu kalau kopi itu unik. Nggak cuma satu, tapi kopi ternyata ada banyak macamnya, ada seninya juga. Itu yang bikin saya tertarik.

 

Menjadi barista tentunya harus melewati proses latihan yang panjang. Pengalaman apa yang paling berkesan selama anda merintis karir jadi barista?

Kalau yang paling berkesan itu ketika bikin latte art pertama sih. Waktu itu saya penasaran, gimana sih. Waktu lihat senior bikin latte art, kok kelihatannya enak gitu. Tapi ketika saya coba, ya memang nggak segampang waktu lihat orang lain bikin. Justru saya jadi semakin tertantang untuk bisa bikin latte art seperti mereka.

Dan enaknya, teman-teman disini saling membantu, saling mengajarkan bagaimana cara membuat latte art. Jadi saya punya penyemangat dari teman-teman sendiri.

 

Ada beberapa pihak yang masih memandang barista sebelah mata. Bagaimana tanggapan anda?

Kalau menurut saya sih, sebagian dari mereka itu belum tahu tentang barista. Barista sendiri kan ilmunya banyak sekali. Kita bisa tahu kopi yang enak itu yang seperti apa. Saya dulu juga tahunya kopi itu pahit, itu aja. Sejak jadi barista ini, saya menemukan kalau karakter kopi itu ternyata beda-beda. Kalau masyarakat sudah mengerti, nanti tanggapan seperti itu juga hilang sendiri.

 

Selama menjadi barista, pernahkah anda mendapati pelanggan yang memesan di luar menu kafe?

Pernah beberapa kali sih. Biasanya mereka request kopi versi mereka sendiri, yang nggak ada di buku menu. Tapi sebelumnya kita kasih pengertian dulu bagaimana rasanya nanti. Kalau memang mereka tidak masalah, ya kita coba buatkan.

Tapi yang sering sih request latte art. Ada yang minta tulisan, ada yang minta gambar. Kalau gambar, kita searching dulu gambarnya seperti apa, baru kita buatkan latte artnya.


Pesan apa yang ingin anda sampaikan untuk teman-teman yang ingin menjadi barista seperti anda sekarang?

Buat teman-teman yang ingin jadi barista, harus punya mental yang kuat. Untuk dapat hasil yang maksimal, nggak cuma sekedar mencoba 1-2 kali aja. Tapi harus coba berkali-kali. Kalau gagal, coba lagi sampai bisa. Makanya, harus rajin mencoba dan belajar. Mulai dari jenis kopi, sampai teknik brewing kopi yang ada bermacam-macam.




Punch Me Strawberry , Penyelamat Kala Panas Menyengat

Oleh admin pada 08 December 2018


Lukisan Indah dalam Secangkir Cafe Latte

Oleh admin pada 01 December 2018


Guilty Pleasure dalam Segelas ‘Sins of Coffee’

Oleh admin pada 01 December 2018


Kopi dan Ice Cream, Padu Padan yang Mendobrak Tradisi Kopi

Oleh admin pada 24 November 2018


Memikat dengan Latte Art

Oleh admin pada 17 November 2018